2022_GAMBARAN TINGKAT STRES AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT IV DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PRODI SARJANA KEPERAWATAN ITEKES BALI
Categorie(s):
Stres Akademik
Author(s):
PUTU NIA LISTIA DEWI
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Stres Akademik, Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Covid-19
DOI:
Abstract :
GAMBARAN TINGKAT STRES AKADEMIK MAHASISWA TINGKAT IV DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI PRODI SARJANA KEPERAWATAN ITEKES BALI
Putu Nia Listia Dewi
Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan
Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali
Email : [email protected]
ABSTRAK Latar Belakang: Pandemi Covid-19 telah membuat banvak perubahan pada berbagai sektor kehidupan, termasuk sektor pendidikan. Pelaksanaan Pendidikan pada masa pandemi berlangsung secara daring. Karena kurangnya kesiapan dan sumber daya yang ada membuat mahasiswa mengalami kesulitan mengikuti pembelajaran daring. Ketidakmampuan beradaptasi dengan perubahan metode pembelajaran tersebut menyebabkan mahasiswa mengalami stres akademik.
Tujuan: Untuk menegetahui tingkat stres akademik yang dialami oleh mahasiswa tingkat IV Prodi Sarjana Keperawatab di ITEKES Bali.
Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-propability sampling dengan menggunakan metode sampling jenuh atau total sampling dengan jumlah responden sebanyak 130 responden. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan secara online. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa dari 130 responden Tingkat IV Prodi Sarjana Keperawatan ITEKES Bali pada tahun 2022 dalam mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 yaitu tingkat stress akademik menunjukan mayoritas mahasiswa pada kategori tidak stress 56 orang (43,1%), stress ringan yaitu 33 orang (25,4%), stress sedang yaitu 33 orang (25,4%), dan stress berat yaitu 8 orang (6,2%). Kesimpulan: Secara umum stres yang dialami oleh mahasiswa masih dalam kategori stres normal atau tidak stres. Oleh karena itu, diharapkan mahasiswa pada saat menghadapi sebuah masalah ketika mengikuti pembelajaran daring untuk tetap dapat mengaplikasikan strategi koping yang efektif. Kata Kunci : Stres Akademik, Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Covid-19
ISSN:
eISSN:
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: