2022_HUBUNGAN RESPON TIME PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI IGD RUMAH SAKIT TK II UDAYANA DENPASAR

Categorie(s):
   Respon Time
Author(s):
   PUTU EMA ANGGARA PUTRI
Keyword(s):
  Respon Time, Tingkat Kepuasan, Instalasi Gawat Darurat
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN RESPON TIME PELAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI IGD RUMAH SAKIT TK II UDAYANA Ema Anggara1, Kusuma Negara2, Sri Megayanti3 123Fakultas Kesehatan, Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email : [email protected] ABSTRAK Latar Belakang: Data Kemenkes RI tahun 2018 bahwa rata- rata hasil data dari beberapa Rumah Sakit di Indonesia menunjukkan 67% klien yang mengeluh adanya ketidakpuasan dalam penerimaan pelayanan kesehatan. Data Kemenkes RI tahun 2018 bahwa rata- rata hasil data dari beberapa Rumah Sakit di Indonesia menunjukkan 67% klien mengeluh ketidakpuasan dalam pelayanan kesehatan. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan respon time pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit TK II Udayana Denpasar Metode: Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian analitik korelatif, dengan metode pendekatan cross-sectional. Sampel yang digunakan yaitu pasien di IGD Rumah Sakit TK II Udayana Denpasar berjumlah 63 orang dengan cara pengambilan sampel mengunakan non probability sampling. Teknik sampling menggunakan accidental sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang terdiri dari 12 pernyataan secara langsung di IGD selama bulan mei 2022 kemudian diolah menggunakan statistic deksriptif. Hasil: Sebagian besar responden Dari 63 responden, 37 orang (58.7%) menyebutkan bahwa respon time pelayanan dalam kategori lambat dan 26 orang (41.3%) menyebutkan dalam kategori sangat lambat. Dari 63 orang, 41 orang (65.1%) dalam kategori tidak puas dengan pelayanan, 13 orang (20.6%) dalam kategori sangat tidak puas dan 9 orang (14.3%) dalam kategori sangat puas. Hasil uji hubungan dengan rank spearmen dengan nilai p value >0.05 didapatkan bahwa tidak terdapat hubungan respon time pelayanan terhadap tingkat kepuasan pasien di IGD Rumah Sakit TK II Udayana Denpasar Kesimpulan: Diharapkan agar kualitas baik caring, kolaborasi, kecepatan, empati, courtesy, dan sincerity membuat suatu kepuasan oleh pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) terjaga secara optimal dan respon time pelayanan terjaga secara optimal. Kata Kunci: Respon Time, Tingkat Kepuasan, Instalasi Gawat Darurat
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: