2023_EFEKTIVITAS PROMOSI KESEHATAN MEDIA VIDEO TENTANG POSTPARTUM BLUES TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SUAMI IBU HAMIL TRIMESTER III

Categorie(s):
   Promosi Kesehatan
Author(s):
   NI PUTU SUARDANI
Publisher(s):
 
ISBN:
 
Keyword(s):
  Postpartum blues, Pengetahuan Suami, Sikap Suami.
DOI:
 
Abstract :
  
Efektivitas Promosi Kesehatan Media Video Tentang Postpartum Blues Terhadap Pengetahuan dan Sikap Suami Ibu Hamil Trimester III di UPTD. Puskesmas I Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan Ni Putu Suardani Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Kebidanan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang : Kejadian postpartum blues berdasarkan data dari World Health Organization pada tahun 2018 didapatkan 26% - 85% insiden postpartum blues di dunia. Kurangnya dukungan keluarga atau suami akan berdampak ke keadaan psikis ibu yang tengah mengalami postpartum blues. Ketidaktahuan ibu postpartum dan suami tentang postpartum blues akan memperburuk kondisi ibu postpartum yang mengalami gejala postpartum blues. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas promosi kesehatan media video tentang postpartum blues terhadap pengetahuan dan sikap suami ibu hamil trimester III di UPTD. Puskesmas I Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan. Metode : Jenis penelitian ini adalah pre-experimental design dengan pendekatan one group pretest-posttest design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 responden diambil dengan total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pengetahuan dan sikap suami tentang postpartum blues. Teknik analisa data yang digunakan adalah Paired T Test pada variabel pengetahuan dan uji Wilcoxon Rank digunakan pada variabel sikap. Hasil : Pengetahuan suami pada ibu hamil Trimester III sebelum diberikan promosi kesehatan media video tentang postpartum blues sebagian besar memiliki total skor pretest 21 (30%) dengan mean 21,45 dan sesudah diberikan intervensi sebagian besar pengetahuan responden memiliki total skor posttest 33 (25%) dan 34 (25%) dengan mean 33,9. Sikap suami pada ibu hamil Trimester III sebelum diberikan promosi kesehatan media video tentang postpartum blues dominan mendapat total skor pretest 32 (25%) dengan mean 37,65 dan setelah diberikan intervensi sebagian besar sikap responden mendapatkan skor posttest 57 (50%) dengan mean 54,85. Hasil uji Paired T Test yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar < 0,001 dan nilai t hitung sebesar 24,155 > nilai t tabel (2,086). Hasil uji Wilcoxon Rank yaitu nilai Sig. (2-tailed) sebesar < 0,001. Kesimpulan : Promosi kesehatan media video tentang postpartum blues efektif terhadap pengetahuan dan sikap suami ibu hamil trimester III di UPTD. Puskesmas I Dinas Kesehatan Kecamatan Denpasar Selatan. Kata kunci: Postpartum blues, Pengetahuan Suami, Sikap Suami.
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
SIZE:
 
PAGE TOTAL:
 
Description:
  SKRIPSI