2023_HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH SAKIT ARI CANTI GIANYAR
Categorie(s):
Komunikasi Interpersonal
Author(s):
NI WAYAN TRANGGANA DEWI
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Karakteristik, Komunikasi Interpersonal, Kepuasan
DOI:
Abstract :
HUBUNGAN KARAKTERISTIK PASIEN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PERAWAT DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RUMAH
SAKIT ARI CANTI GIANYAR
Ni Wayan Tranggana Dewi
Fakultas Kesehatan
Program Studi Sarjana Keperawatan
Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali
Email : [email protected]
ABSTRAK
Latar belakang: Rendahnya angka kepuasan pasien akan berdampak terhadap perkembangan rumah sakit. Komunikasi memegang peranan sangat penting dalam pelayanan keperawatan, bahkan dapat dikatakan komunikasi merupakan kegiatan mutlak dan menentukan bagi hubungan perawat dengan pasien untuk menunjang kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan karakteristik pasien dan komunikasi interpersonal perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Ari Canti Gianyar.
Metode: Jenis penelitian ini adalah analitik korelasi dengan rancangan cross-sectional. Sampel penelitian adalah pasien yang berkunjung ke Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Ari Canti Gianyar sebanyak 120 responden menggunakan teknik sampling consecutive sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner. Data dianalisa dengan uji Spearman Rank (Rho) dan Chi Square.
Hasil: Karakteristik pasien berdasarkan umur sebagian besar (39,2%) berumur 46-55 tahun, mayoritas laki-laki 74 orang (61,7%), mayoritas yaitu 59 orang (49,2%) tamat SMA. Komunikasi interpersonal perawat sebagian besar (49,2%) baik, kepuasan pasien paling banyak (55,8%) kategori puas. Hasil uji Spearman Rank) dan Chi Square didapatkan nilai p-value < 0,05 berarti ada hubungan signifikan umur, jenis kelamin, pendidikan dan komunikasi interpersonal perawat dengan tingkat kepuasan pasien di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Ari Canti Gianyar.
Kesimpulan: Kepuasan pasien sangat terpengaruh terhadap komunikasi interpersonal perawat ketika mereka menjalani perawatan, semakin baik komunikasi antar pribadi yang terjalin antara perawat dan pasien maka semakin meningkat pula kepuasan pasien dalam menjalani perawatan.
Kata Kunci : Karakteristik, Komunikasi Interpersonal, Kepuasan.
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description:
Program S1 Sarjana Keperawatan B