2023_HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU TENTANG GIZI DENGAN STATUS GIZI BALITA USIA 1-3 TAHUN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS MARGA II

Categorie(s):
   Status gizi.
Author(s):
   DESAK MADE MIRAYANTI
Keyword(s):
  Balita, Pengetahuan, Status gizi.
DOI:
 
Abstract :
  
Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Gizi Dengan Status Gizi Balita Usia 1-3 Tahun Di Wilayah Kerja Puskesmas Marga II Desak Made Mirayanti Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang : Kekurangan gizi akan menyebabkan kegagalan pertumbuhan fisik dan perkembangan kecerdasan sehingga dapat menurunkan daya tahan tubuh. Salah satu faktor yang mempengaruhi status gizi adalah pengetahuan Ibu tentang gizi yang dapat diterapkan dalam pola asuh dan pemberian makanan. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita usia 1-3 tahun. Metode : Desain penelitian digunakan adalah analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian sebanyak 194 responden. Sampel penelitian sebanyak 114 ibu yang memiliki balita usia 1-3 tahun. Pengambilan sampel menggunakan teknik consecutive sampling. Instrumen pengumpulan datanya yaitu lembar kuesioner tingkat pengetahuan tentang gizi dan antropometri dengan pengukuran (BB/U). Teknik analisa data menggunakan uji Spearmen Rho. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dalam kategori baik sebanyak 54 responden (47,4%) status gizi dalam kategori baik sebanyak 106 orang (93,0%). Hasil uji bivariat menunjukkan terdapat hubungan dengan kekuatan sedang antara pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita usia 1-3 tahun dengan pvalue = 0,000, r=0,431. Kesimpulan : Pengetahuan ibu tentang gizi akan berpengaruh terhadap status gizi balita. Status gizi dikatakan baik jika pola makan yang diberikan seimbang dan jenis makanan yang dikonsumsi harus sesuai dengan kebutuhan tubuh. Kata Kunci : Balita, Pengetahuan, Status gizi.
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: