2023_HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POSYANDU DENGAN KEPUASAN ORANG TUA BALITA DI DESA MELINGGIH, KECAMATAN PAYANGAN, KABUPATEN GIANYAR, BALI

Categorie(s):
   Kualitas Pelayanan Kesehatan
Author(s):
   IDA AYU GEDE TINA KOMALADEWI
Publisher(s):
 
ISBN:
 
Keyword(s):
  Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Orang tua Balita, Posyandu
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POSYANDU DENGAN KEPUASAN ORANG TUA BALITA DI DESA MELINGGIH, KECAMATAN PAYANGAN, KABUPATEN GIANYAR, BALI Ida Ayu Gede Tina KomalaDewi Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang: Posyandu merupakan bentuk upaya kesehatan bersumber daya masyarakat (UKBM). Kepuasan pasien posyandu diukur dari kualitas pelayanan kesehatan diposyandu dengan menggunakan 5 demensi yaitu kehandalan, daya tanggap, keyakinan, empati, berwujud. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan kualitas pelayanan kesehatan di posyandu terhadap kepuasan orang tua balita di Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali Metode: Penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional. Total sampel yang digunakan sebanyak 213 responden dengan teknik sampling menggunakan metode non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner kualitas pelayanan dan kepuasan orang tua balita. Analisis penelitian ini menggunakan Spearmen’s Rho. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan di posyandu Desa Melinggih Payangan, sebanyak 212 (99,5%) responden menilai kualitas pelayanan posyandu dengan kategori baik. Berdasarkan Kepuasan Orang Tua balita di posyandu Desa Melinggih Payangan, sebanyak 194 (91,1%) responden menyatakan kepuasan tinggi. Hasil analisis statistik menggunakan korelasi Spearman’s Rho menunjukkan kualitas pelayanan kesehatan di posyandu berhubungan dengan kepuasan orang tua balita dengan hasil r = 0, 721, p-value
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
SIZE:
 
PAGE TOTAL:
 
Description: