2023_HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POSYANDU DENGAN KEPUASAN ORANG TUA BALITA DI DESA MELINGGIH, KECAMATAN PAYANGAN, KABUPATEN GIANYAR, BALI
Categorie(s):
Kualitas Pelayanan Kesehatan
Author(s):
IDA AYU GEDE TINA KOMALADEWI
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan Orang tua Balita, Posyandu
DOI:
Abstract :
HUBUNGAN KUALITAS PELAYANAN KESEHATAN DI POSYANDU
DENGAN KEPUASAN ORANG TUA BALITA DI DESA MELINGGIH,
KECAMATAN PAYANGAN, KABUPATEN GIANYAR, BALI
Ida Ayu Gede Tina KomalaDewi
Fakultas Kesehatan
Program Studi Sarjana Keperawatan
Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali
Email: [email protected]
ABSTRAK
Latar Belakang: Posyandu merupakan bentuk upaya kesehatan bersumber daya
masyarakat (UKBM). Kepuasan pasien posyandu diukur dari kualitas pelayanan
kesehatan diposyandu dengan menggunakan 5 demensi yaitu kehandalan, daya
tanggap, keyakinan, empati, berwujud. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan
kualitas pelayanan kesehatan di posyandu terhadap kepuasan orang tua balita di
Desa Melinggih, Kecamatan Payangan, Kabupaten Gianyar, Bali Metode:
Penelitian ini menggunakan analitik korelasi dengan pendekatan cross-sectional.
Total sampel yang digunakan sebanyak 213 responden dengan teknik sampling
menggunakan metode non probability sampling. Pengumpulan data menggunakan
kuesioner kualitas pelayanan dan kepuasan orang tua balita. Analisis penelitian ini
menggunakan Spearmen’s Rho. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan kualitas
pelayanan kesehatan di posyandu Desa Melinggih Payangan, sebanyak 212
(99,5%) responden menilai kualitas pelayanan posyandu dengan kategori baik.
Berdasarkan Kepuasan Orang Tua balita di posyandu Desa Melinggih Payangan,
sebanyak 194 (91,1%) responden menyatakan kepuasan tinggi. Hasil analisis
statistik menggunakan korelasi Spearman’s Rho menunjukkan kualitas pelayanan
kesehatan di posyandu berhubungan dengan kepuasan orang tua balita dengan
hasil r = 0, 721, p-value
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: