2023_GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS KEPERAWATAN DI ITEKES BALI
Categorie(s):
Bahasa Inggris Keperawatan
Author(s):
NI NYOMAN WITA JULITA
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Stres, Mahasiswa Keperawatan, Bahasa Inggris Keperawatan
DOI:
Abstract :
GAMBARAN TINGKAT STRES MAHASISWA KEPERAWATAN DALAM BELAJAR BAHASA INGGRIS KEPERAWATAN DI ITEKES BALI
Ni Nyoman Wita Julita
Fakultas Kesehatan
Program Studi Sarjana Keperawatan
Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali
Email: [email protected]
ABSTRAK
Latar Belakang : Bahasa Inggris penting untuk dipelajari karena bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional yang digunakan di berbagai bidang termasuk kesehatan. Bahasa Inggris dalam keperawatan memiliki kesulitan yang lebih dibandingkan dengan bahasa Inggris umum, karena berkaitan dengan istilah medis yang tidak semua orang ketahui.
Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat stress mahasiswa keperawatan tingkat II ITEKES Bali dalam belajar bahasa Inggris.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional. Penelitian ini menggunakan sampel sejumlah 122 responden yang diambil menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuesioner dan diolah menggunakan statistik deskriptif.
Hasil : Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa berada pada kategori stres normal yaitu 82 orang (67,2%), sedangkan kategori stres sedang yaitu sebanyak 22 orang (18,0%), kemudian yang berada pada kategori stres ringan yaitu sejumlah 16 orang (13,1%), selanjutnya pada kategori stres berat yaitu sebanyak 2 orang (1,6%), dan tidak ada yang mengalami stres sangat berat.
Kesimpulan : Mayoritas stres yang dialami mahasiswa dalam belajar bahasa Inggris keperawatan adalah masuk kedalam kategori stres normal. Diharapkan mahasiswa mampu menerapkan strategi koping yang efektif untuk menghadapi stress.
Kata Kunci : Stres, Mahasiswa Keperawatan, Bahasa Inggris Keperawatan
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: