2024_Gambaran Quarter Crisis Pada Mahasiswa Prodi S1 Keperawatan Di Itekes Bali
Categorie(s):
Skripsi Keperawatan
Author(s):
Ni Made Desi Novi Yanti
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Quarter life crisis, mahasiswa tingkat akhir, keperawatan, dewasa awal, krisis emosional
DOI:
Abstract :
Latar Belakang: Quarter life crisis (QLC) adalah fase dimana seseorang usia 18-29 tahun merasakan kekhawatiran, bingung, dan tidak memiliki arah atau tujuan. Hal ini disebabkan oleh adanya ketidakpastian dalam kelanjutan hidupnya dan overthinking akan masadepannya. Masa beranjak dewasa (emerging adulthood) merupakan masa peralihan dari remaja menuju dewasa yang terjadi dari usia 18 hingga 29 tahun dan ditandai dengan adanya eksperimen dan eksplorasi. QLC merupakan sebuah krisis emosional yang beragam hingga memunculkan perasaan negatif yang kuat akan kekhawatiran pada ketidakpastian kehidupan mendatang.
Tujuan: Untuk mengetahui gambaran quarter life crisis pada Mahasiswa prodi S1 Keperawatan di ITEKES Bali.
Metode: Desain penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tinggkat akhir di Kampus ITEKES Bali dengan jumlah sampel sebanyak 118 responden. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar kuesioner QLC.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden (86,4%) mengalami QLC pada kategori sedang, sementara sebagian kecil berada pada kategori rendah (0,8%) dan tinggi (12,7%). Faktor internal seperti kurangnya motivasi dan ketidakpastian terhadap identitas diri menjadi pemicu utama QLC, sedangkan faktor eksternal meliputi tekanan akademis, harapan orang tua, dan tuntutan kehidupan sosial.
Kesimpulan: Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman mendalam tentang gambaran QLC pada mahasiswa dan menjadi dasar bagi intervensi yang bertujuan untuk membantu individu menghadapi krisis ini dengan lebih baik.
Kata Kunci: Quarter life crisis, mahasiswa tingkat akhir, keperawatan, dewasa awal, krisis emosional.
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: