2021_GAMBARAN TINGKAT STRES ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK BELAJAR SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID - 19 DI KELURAHAN BENOA, KUTA SELATAN
Categorie(s):
TINGKAT STRES
Author(s):
NI KADEK DINA FERBIANI
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Stres, Orang Tua, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
DOI:
Abstract :
GAMBARAN TINGKAT STRES ORANG TUA DALAM
PENDAMPINGAN ANAK BELAJAR SECARA DARING SELAMA MASA
PANDEMI COVID
-
19 D
I KELURAHAN BENOA, KUTA SELATAN
Ni Kadek Dina Ferbiani,
Kadek
Nuryanto
,
Ast
h
adi Mahendra Bhandesa
Program Studi Sarjana Keperawatan
Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
Email:
[email protected]
ABSTRAK
Latar Belakang.
Kasus
Covid
-
19
terus mengalami peningkatan sehingga
pemerintah mengeluarkan kebijakan menerapkan pembelajaran secara daring
sebagai bentuk upaya menekan laju penyebaran
Covid
-
19
. Pelaksanaan
pembelajaran daring sangat memerlukan dukungan dan peran dari orang tua,
teruta
ma bagi anak
-
anak yang belum terbiasa melakukan pembelajaran daring.
Tujuan.
Untuk mengetahui tingkat stres orang tua dalam pendampingan anak
belajar secara daring selama masa pandemi
Covid
-
19
di Kelurahan Benoa, Kuta
Selatan.
Metode.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan metode
pendekatan
cross
-
sectional
menggunakan alat ukur kuesioner DASS
-
42. Populasi
dalam penelitian adalah orang tua siswa yang berjumlah 149 orang yang diambil
dengan tehnik
s
ample random sa
mpling
.
Hasil.
Hasil penelitian menunjukan sebagian besar orangtua berjenis kelamin
perempuan sebanyak 65,1%, rentang usia responden dari 36
-
45 tahun sebanyak
53,7%, pendidikan terakhir responden pada tingkat SMA sebanyak 55,1%, dan
pekerjaan responden ad
alah sebagai wiraswasta sebanyak 46,3%.
Hasil dari
gambaran tingkat stres orang tua sebagian besar mengalami
stres sedang sebanyak
41,5% sisanya tidak mengalami stres sebanyak 28,2%, mengalami stres ringan
sebanyak 18,8%, mengalami stres berat sebanyak 16,
8% dan mengalami stres
sangat berat sebanyak 4,7%.
Kesimpulan.
Masih banyak orang tua mengalami stres dalam mendampingi siswa
saat belajar daring, sehingga diharapkan orang tua dan guru dapat bekerja sama
dalam kegiatan anak belajar secara daring.
Kata
Kunci:
Stres
,
Orang Tua,
Pembelajaran Daring, Pandemi
Covid
-
19
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: