2021_GAMBARAN TINGKAT STRES ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK BELAJAR SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID - 19 DI KELURAHAN BENOA, KUTA SELATAN

Categorie(s):
   TINGKAT STRES
Author(s):
   NI KADEK DINA FERBIANI
Keyword(s):
  Stres, Orang Tua, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19
DOI:
 
Abstract :
  
GAMBARAN TINGKAT STRES ORANG TUA DALAM PENDAMPINGAN ANAK BELAJAR SECARA DARING SELAMA MASA PANDEMI COVID - 19 D I KELURAHAN BENOA, KUTA SELATAN Ni Kadek Dina Ferbiani, Kadek Nuryanto , Ast h adi Mahendra Bhandesa Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang. Kasus Covid - 19 terus mengalami peningkatan sehingga pemerintah mengeluarkan kebijakan menerapkan pembelajaran secara daring sebagai bentuk upaya menekan laju penyebaran Covid - 19 . Pelaksanaan pembelajaran daring sangat memerlukan dukungan dan peran dari orang tua, teruta ma bagi anak - anak yang belum terbiasa melakukan pembelajaran daring. Tujuan. Untuk mengetahui tingkat stres orang tua dalam pendampingan anak belajar secara daring selama masa pandemi Covid - 19 di Kelurahan Benoa, Kuta Selatan. Metode. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan cross - sectional menggunakan alat ukur kuesioner DASS - 42. Populasi dalam penelitian adalah orang tua siswa yang berjumlah 149 orang yang diambil dengan tehnik s ample random sa mpling . Hasil. Hasil penelitian menunjukan sebagian besar orangtua berjenis kelamin perempuan sebanyak 65,1%, rentang usia responden dari 36 - 45 tahun sebanyak 53,7%, pendidikan terakhir responden pada tingkat SMA sebanyak 55,1%, dan pekerjaan responden ad alah sebagai wiraswasta sebanyak 46,3%. Hasil dari gambaran tingkat stres orang tua sebagian besar mengalami stres sedang sebanyak 41,5% sisanya tidak mengalami stres sebanyak 28,2%, mengalami stres ringan sebanyak 18,8%, mengalami stres berat sebanyak 16, 8% dan mengalami stres sangat berat sebanyak 4,7%. Kesimpulan. Masih banyak orang tua mengalami stres dalam mendampingi siswa saat belajar daring, sehingga diharapkan orang tua dan guru dapat bekerja sama dalam kegiatan anak belajar secara daring. Kata Kunci: Stres , Orang Tua, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid - 19
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: