2019_HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SD) DI SD No. 1 KUTA

Categorie(s):
   POLA ASUH ORANG TUA
Author(s):
   A.A. SAGUNG EPIK ANGGARENI
Publisher(s):
 
ISBN:
 
Keyword(s):
  hubungan, pola asuh orang tua, motivasi belajar, sekolah dasar.
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN GADGET DENGAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA SEKOLAH DASAR (SD) DI SD NO. 1 KUTA. A.A. Sagung Epik Anggareni Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali Email : [email protected] ABSTRAK Tujuan. Untuk mengetahui hubungan pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget pada anak dengan motivasi belajar anak usia sekolah dasar (SD) di SD No. 1 Kuta. Metode. Metode penelitian ini menggunakan desain analitik kolerasi dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan metode Straitified Random Sampling dan Simple Random Sampling dengan jumlah sampel sebanyak 174 responden dengan alat pengumpulan data berupa kuesioner. Hasil. Berdasarkkan analisa statistik menggunakan korelasi Spearman Rho didapatkan hasil bahwa ada hubungan antara pola asuh orang tua dalam penggunaan gadget pada anak dengan motivasi belajar anak usia sekolah dasar (SD) dengan Pvalue 0,001 dan nilai korelasi sebesar 0,380. Kesimpulan. Orang Tua dapat berperan banyak dalam meningkatkan motivasi belajar anak dengan menerapkan gaya atau cara pola asuh yang sesuai dan tepat untuk anak-anak usia sekolah dasar (SD), orang tua harus mampu menyadari bahwa bagaimanapun cara orang tua dalam mengasuh, mendidik, membimbing dan mendisplinkan anak. Kata kunci : hubungan, pola asuh orang tua, motivasi belajar, sekolah dasar.
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
SIZE:
 
PAGE TOTAL:
 
Description: