2022_HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP REMAJA TENTANG SADARI DI PRODI SARJANA KEPERAWATAN INSTITUT TEKNOLOGI DAN KESEHATAN BALI

Categorie(s):
   Tingkat Pengetahuan
Author(s):
   NI MADE UMI PUSPA DEWI
Keyword(s):
  Tingkat Pengetahuan, Sikap, Remaja, SADARI
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN SIKAP REMAJA TENTANG SADARI DI PRODI SARJANA KEPERAWATAN INSTITUT TEKNOLOGI DAN KESEHATAN BALI Ni Made Umi Puspa Dewi Fakultas Kesehatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang : Kanker payudara merupakan tumor ganas yang menyerang jaringan payudara yang dapat tumbuh tidak terkendali. Salah satu cara untuk mecegah terjadinya kanker payudara yaitu dengan deteksi dini kanker payudara melalui pemeriksaan payudara sendiri (SADARI) maka dari itu diperlukan adanya pengetahuan serta sikap dalam pemeriksaan payudara sendiri sebagai langkah awal untuk mencegah kanker payudara. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan sikap remaja tentang SADARI di Prodi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Total sampel sebanyak 297 responden dengan teknik sampling Non Probability Sampling dengan metode total sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner tingkat pengetahuan dan kuesioner sikap. Analisa data menggunakan uji korelasi Spearman’s Rho. Hasil : Dari 297 responden, sebanyak 207 (69,7%) responden memilki pengetahuan yang baik , dan sebanyak 170 (57,2%) responden memiliki sikap yang positif terhadap SADARI. Hasil Analisa dengan uji Spearman Rho menunjukkan tingkat pengetahuan tidak berhubungan dengan sikap remaja tentang SADARI (p-value >0.05). Kesimpulan : Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan sikap remaja tentang SADARI di Prodi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali Kata Kunci: Tingkat Pengetahuan, Sikap, Remaja, SADARI
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: