2022_HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA GUNAKSA KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG

Categorie(s):
   Kecerdasan Emosional
Author(s):
   NI WAYAN OKTIANI
Keyword(s):
  Kecerdasan Emosional, Penggunaan Gadget, Siswa Sekolah Dasar
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN ANTARA PENGGUNAAN GADGET DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA GUNAKSA KECAMATAN DAWAN KABUPATEN KLUNGKUNG Ni Wayan Oktiani, Made Rismawan, Ida Ayu Putu Wulandari Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang: Kecerdasan emosional masih menjadi salah satu permasalahan yang perlu diperhatikan. Kemajuan teknologi terutama penggunaan gadget merupakan faktor yang sangat mempengaruhi kecerdasan emosional siswa Sekolah Dasar, sehingga sangat penting dilakukan pencegahan untuk menurunkan kasus gangguan emosional. Tujuan: Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi hubungan antara penggunaan gadget dengan kecerdasan emosional siswa SDN di Desa Gunaksa Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung. Metode: Desain penelitian menggunakan analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2022. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI dari SDN 1 Gunaksa, SDN 2 Gunaksa, SDN 3 Gunaksa dengan sampel 122 responden. Teknik Sampling yang digunakan stratified random Sampling. Alat pengumpulan data berupa kuesioner. Analisa data menggunakan uji Spearmen rho. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan mayoritas siswa memiliki penggunaan gadget sedang (52,5%), sedangkan kecerdasan emosional siswa mayoritas kecerdasan emosional cukup (60,7%). Pada penelitian ini terdapat hubungan antara penggunaan gadget dengan kecerdasan emosional siswa SDN di Desa Gunaksa Kecamatan Dawan Kabupaten Klungkung (r=0,62, p-value
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: