2022_GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING DI DESA MENGANI

Categorie(s):
   Stunting
Author(s):
   NI WAYAN SRI DEVIYANTI
Keyword(s):
  Stunting, Pencegahan, Pengetahuan, Sikap, Perilaku
DOI:
 
Abstract :
  
GAMBARAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PERILAKU IBU DALAM UPAYA PENCEGAHAN STUNTING DI DESA MENGANI Ni Wayan Sri Deviyanti Fakultas Kesehatan Progran Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang. Stunting adalah suatu masalah yang dialami oleh balita karena kekurangan gizi kronis sehingga menyebabkan tinggi badan balita tidak sesuai dengan usianya. Stunting memiliki dampak yang besar bagi tumbuh kembang balita. Ibu merupakan sosok yang paling sering bersama balita karena dari hamil sampai anak menjadi dewasa sosok ibu sangat berperan penting sehingga ibu sangat memerlukan pengetahuan yang tinggi mengenai gizi yang baik pada balita agar balita tidak mengalami stunting. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam upaya pencegahan stunting di Desa mengani Metode. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif dengan pendekatan cross-sectional. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang ada di Desa Mengani. Jumlah sampel 142 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang diisi oleh responden sendiri. Analisa data dalam penelitian ini yaitu analisa univariat. Hasil. Hasil penelitian ini menunjukkan sebagaian besar responden berpengetahuan baik yaitu sebanyak 87 responden (61,3%). Sebanyak 87 responden (61,3%) sikap ibu dalam upaya pencegahan stunting mayoritas dalam kategori baik dan sebanyak 94 responden (66,2%) perilaku ibu dalam upaya pencegahan stunting dalam kategori baik. Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa mayoritas pengetahuan, sikap dan perilaku ibu dalam kategori baik Kata Kunci: Stunting, Pencegahan, Pengetahuan, Sikap, Perilaku
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: