2022_PERILAKU MENCUCI TANGAN PADA MASA ADAPTASI NEW NORMAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI DENPASAR SELATAN

Categorie(s):
   Adaptasi New Normal
Author(s):
   SANTI PRABAWA PUTRI
Keyword(s):
  Adaptasi New Normal, Covid-19, Mencuci Tangan, Perilaku
DOI:
 
Abstract :
  
PERILAKU MENCUCI TANGAN PADA MASA ADAPTASI NEW NORMAL SISWA SEKOLAH DASAR NEGERI DI DENPASAR SELATAN Santi Prabawa Putri1, Made Rismawan2, I Gede Satria Astawa3 Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang: COVID-19 adalah jenis penyakit baru yang disebabkan oleh infeksi SARSCOV-2 yang ditularkan melalui percikan pada saat berbicara, batuk, bersin, dan kontak fisik dengan orang yang terinfeksi virus. Perilaku mencuci tangan pada siswa Sekolah Dasar di Denpasar masih kurang baik. Salah satu upaya pencegahan dasar COVID-19 yaitu rajin mencuci tangan secara menyeluruh. Hal ini karena COVID-19 bisa menular lewat tangan sebagai media penularan. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku mencuci tangan pada masa adaptasi new normal siswa sekolah dasar negeri di Denpasar Selatan Metode: Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif, dengan pendekatan cross-sectional. Sampel penelitian sebanyak 236 responden diambil dengan menggunakan teknik stratified random sampling. Instrument yang digunakan yaitu kuesioner melalui google form yang telah dilakukan dilakukan uji face vadility. Hasil: Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa dari 236 siswa sekolah dasar negeri di Denpasar Selatan yang mempunyai perilaku baik sebanyak 210 (89,0%) responden, cukup baik sebanyak 25 (10,6%) responden dan tidak baik sebanyak 1(0,4%) responden. Kesimpulan: Sebagian besar responden berperilaku baik mengenai perilaku mencuci tangan pada masa adaptasi new normal sehingga untuk responden agar tetap mempertahankan perilaku baiknya dan meningkatkan pengetahuannya mengenai pencegahan COVID-19. Kata Kunci: Adaptasi New Normal, Covid-19, Mencuci Tangan, Perilaku
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: