2022_HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 MENGWI

Categorie(s):
   Konsentrasi Belajar
Author(s):
   NI PUTU INDAH CANDRA KUSUMA YANTI
Keyword(s):
  Kebiasaan Sarapan, Konsentrasi Belajar, Siswa
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN KEBIASAAN SARAPAN DENGAN TINGKAT KONSENTRASI BELAJAR PADA SISWA DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 2 MENGWI Ni Putu Indah Candra Kusuma Yanti, Ni Kadek Sutini, Ni Putu Ayu J. Sastamidhyani Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang : Konsentrasi belajar tentunya sangat dibutuhkan oleh siswa yang sedang menempuh pendidikan, tentunya konsentrasi belajar akan berpengaruh terhadap aktivitas dan prestasi siswa di sekolah. Salah satu faktor yang terkait dengan konsentrasi belajar adalah kebiasan sarapan, pemenuhan sarapan di pagi hari bisa membuat siswa tidak berfokus pada rasa lapar. Penelitian ini dibuat dengan tujuan mengetahui hubungan kebiasaan sarapan dengan tingkat konsentrasi belajar pada siswa kelas XII di sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mengwi. Metode : Desain penelitian yang digunakan adalah study cross sectional. Sampel yang digunakan berdasarkan perhitungan rumus Slovin adalah 232 responden dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu non proporsionate stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner yang disebarkan secara online dalam bentuk google form. Analisa data yang digunakan yaitu analisis korelatif dan analisis bivariate menggunakan Spearman’s Rho. Hasil : Hasil penelitian ini menyatakan sebagian besar dari 232 responden (42,1%) memiliki kebiasan sarapan yang baik, (36,7%) kebiasaan sarapan cukup dan (4,7%) kebiasaan sarapan kurang. Untuk variabel konsentrasi belajar didapatkan hasil (50,0%) masuk kategori tingkat konsentrasi belajar baik, (25,2%) tingkat konsentrasi belajar cukup dan (8,3%) memiliki tingkat konsentrasi belajar kurang. hasilnya menunjukkan ada hubungan yang signifikan antara kebiasaan sarapan dan tingkat konsentrasi belajar dengan tingkat korelasi kuat (p- value 0,001, r = 0,719). Kesimpulan : Diharapkan responden selalu membawa bekal makanan ke sekolah apabila tidak sarapan di rumah agar bisa menerapkan kebiasaan sarapan yang baik agar mampu berkonsentrasi dalam menerima pelajaran di sekolah. Kata Kunci : Kebiasaan Sarapan, Konsentrasi Belajar, Siswa
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: