2022_HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT STRESS DAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA PADA ERA NEW NORMAL

Categorie(s):
   Intensitas bermain game online
Author(s):
   NI MADE YESHIKA ARMIANDENI
Keyword(s):
  Intensitas bermain game online, Tingkat stress, Kecerdasan emosional, Remaja
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE DENGAN TINGKAT STRESS DAN KECERDASAN EMOSIONAL REMAJA PADA ERA NEW NORMAL Ni Made Yeshika Armiandeni Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang : Game online merupakan suatu permainan yang dapat diakses melalui media elektronik dengan menggunakan jaringan internet. Kecanduan bermain game online dapat berdampak pada kesehatan mental seseorang beberapa diantaranya yaitu stress dan juga kecerdasan emosional. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan intensitas bermain game online dengan tingkat stress dan kecerdasan emosional remaja. Metode : Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan rancangan korelasional. Sampel pada penelitian ini adalah 157 remaja yang bermain game online di Perumahan Griya Nugraha yang diambil dengan teknik convenience sampling dan pengumpulan data dengan kuesioner. Hasil : Hasil Spearman’s Rho antara intensitas bermain game online dan tingkat stress dengan nilai p value < 0,001 dan r = 0,451 menunjukkan bahwa ada hubungan antara intensitas bermain game online dengan tingkat stress dengan kekuatan korelasi sedang dan arah hubungan positif. Hasil Spearman’s Rho antara intensitas bermain game online dan kecerdasan emosional dengan nilai p value < 0,001 dan r = -0,550 menunjukkan bahwa ada hubungan antara intensitas bermain game online dengan kecerdasan emosional dengan kekuatan korelasi sedang dan arah hubungan negatif. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara intensitas bermain game online dengan tingkat stress dan kecerdasan emosional. Kata Kunci : Intensitas bermain game online, Tingkat stress, Kecerdasan emosional, Remaja
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: