2022_PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN PERILAKU REMAJA PUTRI DALAM UPAYA PENANGANAN DYSMINOREA DI SMP NEGERI 9 DENPASAR

Categorie(s):
   Pendidikan Kesehatan
Author(s):
   NI KOMANG DESIANI
Publisher(s):
 
ISBN:
 
Keyword(s):
  Pendidikan Kesehatan, Pengetahuan, Persepsi, Perilaku Penanganan Dysmenorea, Remaja Putri
DOI:
 
Abstract :
  
PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN TERHADAP PENGETAHUAN, PERSEPSI DAN PERILAKU REMAJA PUTRI DALAM UPAYA PENANGANAN DYSMINOREA DI SMP NEGERI 9 DENPASAR Ni Komang Desiani Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang : Dysminorea merupakan masalah kesehatan yang terjadi pada remaja usia produktif sekitar 40- 70%. Namun beberapa remaja memiliki kurangnya pengetahuan tentang upaya penanganannya sehingga memilih untuk mengabaikannya. Pendidikan kesehatan melalui media video pembelajaran merupakan salah satu sarana pembelajaran yang efektif untuk remaja. Tujuan: untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan tentang dysmenorea terhadap pengetahuan, persepsi dan perilaku remaja putri dalam menangani dysmenorea di SMP N 9 Denpasar. Metode : Penelitian ini menggunakan model pendekatan rancangan pra-pasca tes dalam satu kelompok (One-group pre-post test design). Sampel yang digunakan berdasarkan software openepi sebanyak 126 responden dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner online dalam bentuk google formulir. Analisa data yang digunakan yaitu analisis univariate dan bivariat, analisis bivariate yang digunakan yaitu Wilcoxon Rank Test. Hasil : Hasil penelitian pre test pendidikan kesehatan dengan pengetahuan yaitu nilai median 18,00 nilai post test median 20,00. Nilai pre test pendidikan kesehatan dengan persepsi yaitu median 27,00 nilai post test median 29,50. Nilai pre test pendidikan kesehatan dengan perilaku yaitu nilai median 24,00 nilai post test median 30. Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan, persepsi dan perilaku dengan p-value
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
SIZE:
 
PAGE TOTAL:
 
Description: