2022_HUBUNGAN TINGKAT STRESS DENGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMA NEGERI 1 SUSUT BANGLI
Categorie(s):
Game Online
Author(s):
NI KADEK CITRAYANI
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Stress, Game Online, Remaja
DOI:
Abstract :
HUBUNGAN TINGKAT STRESS DENGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMA NEGERI 1 SUSUT BANGLI
Ni Kadek Citrayani
Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali Email: [email protected]
ABSTRAK
Latar Belakang: Kegiatan bermain game online yang pada awalnya menjadi strategi coping anak remaja terhadap stressor, kemudian menjadi pemicu kecanduan dalam bermain game online.
Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat stress dengan kecanduan bermain game online pada remaja.
Metode: Desain penelitian menggunakan desain penelitian analitik korelatif, dengan metode pendekatan cross- sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMAN 1 Susut Bangli dengan jumlah siswa 782 orang yang dipilih dengan dengan teknik stratified random sampling. Analisa data menggunakan uji Spearman rank.
Hasil: Hasil penelitian menunjukan 250 hasil kuisioner responden didapatkan skor < 75 % (kecanduan berat ) terhadap game online, sebanyak 131 orang dengan persentase 52,4% orang dan 56-75% (kecanduan sedang) sebanyak 119 orang dengan presentase 47,6%.. Hasil uji statistik nilai p value sebesar 0,001 yang berarti
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: