2022_HUBUNGAN TINGKAT STRESS DENGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMA NEGERI 1 SUSUT BANGLI

Categorie(s):
   Game Online
Author(s):
   NI KADEK CITRAYANI
Keyword(s):
  Stress, Game Online, Remaja
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN TINGKAT STRESS DENGAN KECANDUAN BERMAIN GAME ONLINE PADA REMAJA DI SMA NEGERI 1 SUSUT BANGLI Ni Kadek Citrayani Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang: Kegiatan bermain game online yang pada awalnya menjadi strategi coping anak remaja terhadap stressor, kemudian menjadi pemicu kecanduan dalam bermain game online. Tujuan: Untuk mengetahui hubungan tingkat stress dengan kecanduan bermain game online pada remaja. Metode: Desain penelitian menggunakan desain penelitian analitik korelatif, dengan metode pendekatan cross- sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMAN 1 Susut Bangli dengan jumlah siswa 782 orang yang dipilih dengan dengan teknik stratified random sampling. Analisa data menggunakan uji Spearman rank. Hasil: Hasil penelitian menunjukan 250 hasil kuisioner responden didapatkan skor < 75 % (kecanduan berat ) terhadap game online, sebanyak 131 orang dengan persentase 52,4% orang dan 56-75% (kecanduan sedang) sebanyak 119 orang dengan presentase 47,6%.. Hasil uji statistik nilai p value sebesar 0,001 yang berarti
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: