2019_PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB NEGERI 1 GIANYAR
Categorie(s):
ANAK RETARDASI MENTAL
Author(s):
DESAK AYU PUTU INTAN PRATIWI
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Bermain Playdough, Perkembangan Kognitif, Anak Retardasi Mental
DOI:
Abstract :
PENGARUH BERMAIN PLAYDOUGH TERHADAP
PERKEMBANGAN KOGNITIF ANAK RETARDASI MENTAL
DI SLB NENGERI 1 GIANYAR
Desak Ayu Putu Intan Pratiwi
Program Studi Sarjana Keperawatan
Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
E-mail: [email protected]
ABSTRAK
Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain playdough terhadap perkembangan kognitif anak retardasi mental di SLB Negeri 1 Gianyar.
Metode. Penelitian ini menggunakan desain Pre experimental dengan pendekatan One Group Pretest Posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak retardasi mental kelas 1 SD yang berumur 7 tahun dengan jumlah sampel 22 siswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi serta dianalisis menggunakan Uji Paired Sample t-test.
Hasil. Hasil nilai mean menunjukkan perkembangan kognitif pre test = 10,59 dan post test = 14,55 meningkat secara signifikan setelah diberikan intervensi berupa bermain playdough.
Kesimpulan. Terdapat pengaruh bermain playdough terhadap perkembangan kognitif anak retardasi mental di SLB Negeri 1 Gianyar. Sehingga bermain playdough dapat digunakan sebagai acuan dalam memberikan pendidikan kepada anak retardasi mental untuk membantu perkembangan kognitif anak retardasi mental.
Kata kunci: Bermain Playdough, Perkembangan Kognitif, Anak Retardasi Mental
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: