2019_PENGARUH TEKNIK BERCERITA MENGGUNAKAN GAMBAR BERSERI TERHADAP PERKEMBANGAN KOSAKATA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PAUD SETIA BUDHI I

Categorie(s):
   TEKNIK BERCERITA
Author(s):
   PUTU AYU WIWIK WIDAYANTI
Keyword(s):
  bercerita, gambar berseri, perkembangan kosakata
DOI:
 
Abstract :
  
PENGARUH TEKNIK BERCERITA MENGGUNAKAN GAMBAR BERSERI TERHADAP PERKEMBANGAN KOSAKATA ANAK USIA PRASEKOLAH DI PENDIDIKAN ANAK USIA DINI SETIA BUDHI I Putu Ayu Wiwik Widayanti Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali E-mail: [email protected] ABSTRAK Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh teknik bercerita menggunakan gambar berseri terhadap perkembangan kosakata anak usia prasekolah di Pendidikan Anak Usia Dini Setia Budhi I. Metode. Penelitian Pra-Eksperimental Design dengan One Group Pretest-Posttest dilaksanakan pada tanggal 23 Maret – 12 April 2019. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia prasekolah (4-5 tahun) di Pendidikan Anak Usia Dini Setia Budhi I dengan jumlah sampel sebanyak 20 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Metode penelitian ini adalah observasi. Alat pengumpulan data adalah lembar observasi perkembangan kosakata anak dan Standar Operasional Prosedur bercerita. Analisa data menggunakan uji Willcoxon Rank Test. Hasil. Uji statistik menunjukkan ada pengaruh bercerita menggunakan gambar berseri terhadap perkembangan kosakata anak usia prasekolah di Pendidikan Anak Usia Dini Setia Budhi I (Md Pre Intervensi = 16 dan Md Post Intervensi = 22, p < 0,001). Simpulan. Ada pengaruh teknik bercerita menggunakan gambar berseri terhadap perkembangan kosakata anak usia prasekolah di Pendidikan Anak Usia Dini Setia Budhi I. Disarankan kepada guru dan orangtua untuk menerapkan metode bercerita menggunakan gambar berseri untuk mengembangkan kemampuan kosakata anak usia prasekolah. Kata kunci: bercerita, gambar berseri, perkembangan kosakata
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: