2023_GAMBARAN MOTIVASI MAHASISWA KEPERAWATAN ITEKES BALI BELAJAR BAHASA INGGRIS
Categorie(s):
Motivasi
Author(s):
I KADEK KRISTYADI
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Motivasi, Belajar Bahasa Inggris, Mahasiswa
Keperawatan
DOI:
Abstract :
GAMBARAN MOTIVASI MAHASISWA KEPERAWATAN ITEKES BALI
BELAJAR BAHASA INGGRIS
I Kadek Kristyadi
Fakultas Kesehatan
Program Studi Sarjana Keperawatan
Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali
Email: [email protected]
ABSTRAK
Latar Belakang: Penguasaan bahasa Inggris oleh mahasiswa Keperawatan
merupakan hal yang sangat penting terutama untuk yang mengacu pada
keterampilan dan prosedur keperawatan profesional yang berlaku secara
international, dan untuk membantu mereka berkomunikasi serta memberikan
asuhan keperawatan kepada pasien asing. Dalam proses pembelajaran bahasa
Inggris motivasi menjadi hal yang sangat penting bagi mahasiswa Keperawatan.
Rendahnya motivasi mahasiswa Keperawatan belajar bahasa Inggris tentu akan
dapat menjadi penghambat bagi pengembangan diri dan karir mereka dikemudian
hari saat mereka telah tamat dan mencari kerja. Tujuan: Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui gambaran motivasi mahasiswa keperawatan ITEKES Bali
belajar bahasa Inggris.
Metode: Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian
deskriptif analitik dan pendekatan cross-sectional. Populasi penelitian ini adalah
mahasiswa Sarjana Keperawatan tingkat I dan II ITEKES Bali tahun 2022, yaitu
sebanyak 256 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling.
Instrumen penelitian ini adalah kuesioner.
Hasil: Mayoritas mahasiswa Keperawatan ITEKES Bali memiliki motivasi
belajar bahasa Inggris yang tinggi yaitu sebanyak 60,9% dengan motivasi
integratif sebanyak 55,5% dan motivasi instrumental sebanyak 61,3%.
Kesimpulan: Mahasiswa keperawatan ITEKES Bali memiliki motivasi belajar
bahasa Inggris yang tinggi, dan motivasi instrumental lebih tinggi daripada
motivasi integratif.
Kata Kunci: Motivasi, Belajar Bahasa Inggris, Mahasiswa
Keperawatan
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: