2023_PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP PERSEPSI REMAJA TENTANG CATCALLING DI SMP WISATA SANUR

Categorie(s):
   Pelecehan Seksual
Author(s):
   IDA AYU ARI SUKMA BRAHMANDITA
Keyword(s):
  Catcalling, Pelecehan Seksual, Persepsi, Video Animasi
DOI:
 
Abstract :
  
PENGARUH VIDEO ANIMASI TERHADAP PERSEPSI REMAJA TENTANG CATCALLING DI SMP WISATA SANUR Ida Ayu Ari Sukma Brahmandita Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email : [email protected] ABSTRAK Latar belakang : Catcalling merupakan pelecehan seksual melalui verbal yang dianggap wajar oleh masyarakat dampak yang ditimbulkan tidak terlihat secara langsung yang berpengaruh bagi psikologi korbannya. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh video animasi terhadap persepsi remaja tentang catcalling di SMP Wisata Sanur. Metode : Desain penelitian ini adalah pre eksperimental dengan the one group pretest posttest. Teknik sampel pada penelitian ini menggunakan simple random sampling dengan total sampel 42 siswa kelas VII dan VIII. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2023 dengan alat ukur penelitian menggunakan lembar kuesioner yang diberikan sebelum dan sesudah pemberian intervensi yang diberikan berupa video animasi berdurasi 2 menit. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji non parametrik yaitu Wilcoxon Rank Test. Hasil : p-value 0,000 ≤ 0,05 yang menunjukkan bahwa intervensi berupa video animasi memiliki pengaruh yang signifikan yaitu adanya perubahan persepsi remaja tentang catcalling. Sebelum diberikan intervensi didapatkan hasil bahwa persepsi remaja tentang catcalling cukup dan setelah diberikan intervensi terjadi perubahan yaitu menjadi baik. Intervensi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu video animasi yang memberikan gambaran dengan jelas tentang catcalling dan dampaknya, sehingga dapat merubah persepsi remaja. Kesimpulan : Intervansi pada penelitian ini dapat dijadikan sebagai media edukasi untuk mencegah dan mengurangi kejadian catcalling. Kata kunci : Catcalling, Pelecehan Seksual, Persepsi, Video Animasi
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: