2019_PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN ANAK SD SETELAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN INFEKSI CACINGAN DENGAN CUCI TANGAN MELALUI METODE VIDEO ANIMASI DAN DEMONSTRASI DI SD NEGERI 7 PEGUYANGAN KANGIN
Categorie(s):
PENCEGAHAN INFEKSI CACINGAN
Author(s):
NI PUTU DARA PARMITA
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan, Anak, Cacingan
DOI:
Abstract :
PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN ANAK SD
SETELAH DIBERIKAN PENDIDIKAN KESEHATAN TENTANG PENCEGAHAN INFEKSI CACINGAN DENGAN CUCI TANGAN MELALUI METODE VIDEO ANIMASI DAN DEMONSTRASI
DI SD NEGERI 7 PEGUYANGAN KANGIN
Ni Putu Dara Parmita
Program Studi Sarjana Keperawatan
Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
E-mail : [email protected]
ABSTRAK
Tujuan. Untuk mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan anak SD setelah diberikan pendidikan kesehatan tentang pencegahan infeksi cacingan dengan cuci tangan melalui metode video animasi dan demonstrasi di SD Negeri 7 Peguyangan Kangin.
Metode Penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah desain analitik komparatif menggunakan metode Pre-Experimen dengan rancangan One-Shot Case Study. Sampel penelitian sebanyak 48 responden dan diambil dengan teknik total sampling. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pengetahuan dan diolah secara univariate post test only dan bivariate uji Mann-Whitney U.
Hasil. Hasil tingkat pengetahuan anak melalui metode video animasi sebagian besar pada kategori cukup 12 responden (50%), dan tingkat pengetahuan anak melalui metode demonstrasi sebagian besar memiliki pengetahuan yang baik 24 responden (100%), hasil analisis data diperoleh nilai p-value 0,001.
Simpulan. Terdapat perbedaan yang signifikan, antara video animasi dan demonstrasi, dimana metode demonstrasi lebih efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan dalam pencegahan infeksi cacingan dan diharapkan agar pihak sekolah dapat menerapkan metode demonstrasi dalam pemberian pendidikan kesehatan disekolah.
Kata Kunci : Pengetahuan, Pendidikan Kesehatan, Anak, Cacingan.
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: