2023_HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS KEPERAWATAN MAHASISWA DI ITEKES BALI

Categorie(s):
   Motivasi belajar
Author(s):
   KADEK YUNITA
Keyword(s):
  Motivasi belajar, Prestasi belajar, Bahasa Inggris keperawatan
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR BAHASA INGGRIS KEPERAWATAN MAHASISWA DI ITEKES BALI Kadek Yunita Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang: Motivasi belajar dan prestasi belajar merupakan hal yang tidak bisa terpisahkan, keduanya harus seimbang karena akan berpengaruh terhadap prestasi belajar bahasa Inggris keperawatan mahasiswa. Tujuan Penelitian: Untuk mengetahui adanya hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Inggris keperawatan mahasiswa di ITEKES Bali. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional dan pendekatan cross-sectional. Total sampel sebanyak 110 responden didapatkan dengan teknik total sampling. Instrument penelitian menggunakan kuesioner motivasi belajar dan nilai prestasi belajar bahasa Inggris keperawatan mahasiswa ITEKES Bali. Analisa data menggunakan analisa univariat dan analisa bivariat dengan program SPSS statistics 2.0 for wondows. Hasil Penelitian: Hasil penelitian menunjukkan motivasi belajar mahasiswa sebagian besar pada kategori tinggi yaitu 91 (82,7%) responden dan prestasi belajar bahasa Inggris keperawatan sebagian besar pada kategori baik yaitu 100 (90,9%) responden. Hasil analisa dengan uji Spearman rho’ menunjukkan terdapat hubungan yang signifikan dengan arah korelasi positif dan kekuatan korelasi lemah antara motivasi belajar dengan prestasi belajar bahasa Inggris keperawatan mahasiswa di ITEKES Bali (p-value 0,001 : r = 0,356). Kesimpulan: Semakin tinggi motivasi belajar mahasiswa, maka semakin tinggi juga prestasi belajar bahasa Inggris keperawatan yang diraih oleh mahasiswa. Disarankan bagi penyelenggara pendidikan untuk tetap memberikan pendampingan bagi mahasiswa untuk mempertahankan motivasi belajar. Kata Kunci: Motivasi belajar, Prestasi belajar, Bahasa Inggris keperawatan
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: