2023_PERBEDAAN EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO TUTORIAL DENGAN KONVENSIONAL TERHADAP PENGETAHUAN TENTANG INITIAL ASSESSMENT CARDIAC PADA MAHASISWA SARJANA KEPERAWATAN ITEKES BALI

Categorie(s):
   Media pembelajaran
Author(s):
   NI LUH PUTU MANIK MAS PUSPA SARI
Keyword(s):
  Initial Assessment Cardiac, media pembelajaran, video tutorial, konvensional.
DOI:
 
Abstract :
  
Perbedaan Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial dengan Konvensional terhadap Pengetahuan tentang Initial Assessment Cardiac pada Mahasiswa Sarjana Keperawatan ITEKES Bali Ni Luh Putu Manik Mas Puspa Sari Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang: Initial Assessment Cardiac merupakan penilaian awal yang dilakukan dengan cepat, tepat, berurutan, simultan dan teliti pada kondisi pasien yang menunjukkan tanda-tanda cardiac arrest. Pengetahuan yang kuat mengenai Initial Assessment Cardiac dapat membantu menyelamatkan nyawa pasien secara cepat ketika kasus ditemukan, pengetahuan bisa didapatkan melalui berbagai media. Pesatnya perkembangan arus teknologi saat ini menjadikan media video tutorial sebagai alternatif selain media konvensional. Tujuan: Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas media pembelajaran berbasis video tutorial dan media konvensional terhadap pengetahuan tentang Initial Assessment Cardiac pada mahasiswa sarjana keperawatan ITEKES Bali. Metode: Penelitian ini menggunakan quasi experiment design with two group pre-test dan post-test. Populasi berasal dari mahasiswa sarjana keperawatan tingkat 3 ITEKES Bali. Sampel penelitian terdiri dari 34 orang kelompok video tutorial dan 34 orang kelompok konvensional, Teknik sampling yang digunakan adalah simple random sampling. Instrumen penelitian berupa kuesioner pengetahuan. Analisa data menggunakan uji Wilcoxon untuk uji efektivitas dan uji Mann-Whitney untuk uji beda. Hasil: Hasil uji bivariat Wilcoxon menunjukkan bahwa media video tutorial dan media konvensional efektif terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa dengan nilai p-value 0,001. Hasil uji beda dengan Mann-Whitney menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara efektivitas media video tutorial dan media konvensional terhadap pengetahuan mahasiswa sarjana keperawatan tentang Initial Assessment Cardiac dengan nilai p-value 0,001. Media video tutorial dinyatakan lebih efektif dalam meningkatkan pengetahuan mahasiswa mengenai Initial Assessment Cardiac. Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara media pembelajaran video tutorial dan konvensional, media video tutorial lebih efektif digunakan untuk meningkatkan pengetahuan mahasiswa sarjana keperawatan mengenai initial assessment cardiac Kata Kunci: Initial Assessment Cardiac, media pembelajaran, video tutorial, konvensional.
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: