2019_HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN TINGKAT STRES DENGAN PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB N 1 BADUNG TAHUN 2019

Categorie(s):
   RETARDASI MENTAL
Author(s):
   VERALIN POLLY
Keyword(s):
  Pendidikan, Tingkat Stres, Penerimaan, Retardasi Mental
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN PENDIDIKAN DAN TINGKAT STRES DENGAN PENERIMAAN ORANG TUA TERHADAP ANAK RETARDASI MENTAL DI SLB N 1 BADUNG TAHUN 2019 Veralin Polly1, IGN Made Kusuma Negara2, Nadya Treesna Wulansari3 Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali Email : [email protected] ABSTRAK Tujuan: Mengetahui hubungan pendidikan dan tingkat stres dengan penerimaan orangtua terhadap anak retradasi mental khususnya di SLB N 1 Badung Tahun 2019. Metode: Penelitian ini menggunakan desain analitik korelasi dengan pendekatan cross sectional. Besar sampel yang digunakan sebanyak 76 responden. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner. Data diolah dengan menggunakan uji statistik Spearman’s rho. Hasil Penelitian: Pendidikan orang tua sebagian besar pada tingkat SMA sebanyak 24 (31,6%), tingkat stres pada orang tua sebagian besar berkategori stres sedang sebanyak 30 (39,5%), dan penerimaan orang tua sebagian besar berkategori kurang sebanyak 39 (51,3%). Berdasarkan uji statistik Spearman’s rho didapatkan nilai Pvalue = 0,001 (r= 0,612) antara pendidikan dan penerimaan orang dan Pvalue = 0,001 (r= -0,730) antara tingkat stres dan penerimaan orang tua. Kesimpulan: Terdapat hubungan antara pendidikan dan tingkat stres dengan penerimaan orang tua yang menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat pendidikan orang tua maka semakin baik penerimaan orang tua dan semakin tinggi tingkat stres maka semakin kurang penerimaan orang tua. Kata Kunci : Pendidikan, Tingkat Stres, Penerimaan, Retardasi Mental
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: