2023_PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI GAGAL GINJAL AKUT PADA ANAK DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS II DENPASAR SELATAN
Categorie(s):
Gagal Ginjal Akut
Author(s):
NI NYOMAN RATNA MEIDIKAWATI
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Gagal Ginjal Akut, Orang Tua , Pengetahuan, Video
DOI:
Abstract :
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DALAM MENINGKATKAN PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI GAGAL GINJAL AKUT PADA ANAK DI WILAYAH KERJA
PUSKESMAS II DENPASAR SELATAN
Ni Nyoman Ratna Meidikawati
Fakultas Kesehatan
Program Studi Sarjana Keperawatan
Institusi Teknologi Dan Kesehatan Bali
Email: [email protected]
ABSTRAK
Latar Belakang: Kurangnya pengetahuan orang tua mengenai penyakit gagal ginjal akut pada anak perlu diberikan edukasi. Dengan menggunakan media video dapat memberikan infromasi sebab menampilkan suara dan gambaran mengenai gagal ginjal akut pada anak
Tujuan: Untuk mengetahui tingkat pengetahuan orang tua sebelum dan sesudah pemberian video pembelajaran gagal ginjal akut pada anak.
Metode: Penelitian ini pre-experimental design dengan pretest-posttest one group design. Penelitian dilaksanakan di posyandu Sanur Kauh pada 20-30 April 2023. Sampel penelitian sebanyak 30 responden menggunakan teknik total sampling. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan 3 video pembelajaran. Analisa data yang di gunakan uji wilcoxon rank test.
Hasil: Hasil uji normalitas shapiro wilk didapatkan data tidak berdistribusi normal,sehingga menggunakan wilcoxon rank test dengan hasil nilai p-value = 0,001 < α ( α = 0,05) hal ini membuktikan terdapat peningkatan pengetahuan orang tua sebelum dan sesudah diberikan video edukasi mengenai gagal ginjal akut pada anak.
Kesimpulan: Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan pengetahuan orang tua dengan menggunakan media 3 video yang sudah diberikan hal ini disebabkan media video menampilkan pesan yang mudah diingat dan di mengerti oleh responden.
Kata Kunci: Gagal Ginjal Akut, Orang Tua , Pengetahuan, Video
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: