2024_Pengaruh Pendidikan Kesehatan Manajemen 5 Pilar Diabetes Melitus Berbasis Audiovisual terhadap Perilaku pada Family Caregiver dalam Merawat Lansia

Categorie(s):
   Skripsi Keperawatan
Author(s):
   Ni Putu Devi Darmayanti
Publisher(s):
 
ISBN:
 
Keyword(s):
  Pendidikan Kesehatan, Media Audiovisual, Perilaku, Family Caregiver, Manajemen 5 Pilar Diabetes Melitus
DOI:
 
Abstract :
  
Latar Belakang: Pendidikan kesehatan berbasis audiovisual merupakan salah satu media promosi kesehatan yang efektif dan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perilaku family caregiver dalam merawat lansia diabetes melitus dengan menerapkan manajemen 5 pilar DM. Tujuan: Untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan manajemen 5 pilar diabetes melitus berbasis audiovisual terhadap perilaku pada family caregiver dalam merawat lansia. Metode: Penelitian yang dilakukan yaitu kuantitatif dengan pre-experimental design menggunakan the one group pretest posttest. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 35 responden dengan populasi yaitu family caregiver yang merawat lansia. Penelitian dilaksanakan di Desa Melinggih selama 3 minggu (30 April-13 Mei). Instrumen penelitian yang digunakan yaitu kuesioner DSMQ (Diabetes Self-Management Questionnaire) yang berisikan 16 item pernyataan serta video animasi yang berdurasi 13 menit tentang penerapan manajemen 5 pilar diabetes melitus. Uji analisa data yang digunakan yaitu wilcoxon rank test. Hasil: Hasil uji normalitas yang digunakan yaitu saphiro wilk menyatakan data tidak berdistribusi normal, sehingga uji analisa data menggunakan wilcoxon rank test didapatkan hasil nilai p (Sig.) 0,001 < α (α = 0,005). Kesimpulan: Terdapat pengaruh pemberian pendidikan kesehatan berbasis audiovisual terhadap perilaku family caregiver dalam merawat lansia, diharapkan bagi petugas kesehatan agar mempertimbangkan penggunaan media audiovisual dalam memberikan pendidikan kesehatan. Kata Kunci : Pendidikan Kesehatan, Media Audiovisual, Perilaku, Family Caregiver, Manajemen 5 Pilar Diabetes Melitus
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
SIZE:
 
PAGE TOTAL:
 
Description: