PENGARUH EDUKASI PENATALAKSANAAN PNEUMONIA BERDASARKAN MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT (MTBS) TERHADAP PENGETAHUAN IBU DALAM PENATALAKSANAAN PNEUMONIA DI BANJAR MANUT NEGARA DESA TEGAL KERTHA KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN 2018
Categorie(s):
MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT
Author(s):
NI KADEK AYU MARTINI
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Edukasi, Pneumonia, Balita, MTBS
DOI:
Abstract :
PENGARUH EDUKASI PENATALAKSANAAN PNEUMONIA
BERDASARKAN MANAJEMEN TERPADU BALITA SAKIT (MTBS)
TERHADAP PENGETAHUAN IBU DALAM PENATALAKSANAAN
PNEUMONIA DI BANJAR MANUT NEGARA DESA TEGAL KERTHA
KECAMATAN DENPASAR BARAT TAHUN 2018
Ni Kadek Ayu Martini
Program Studi Ilmu Keperawatan
Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bali
E-mail [email protected]
Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh edukasi penatalaksaan
pneumonia berdasarkan MTBS terhadap pengetahuan ibu dalam penatalaksanaan
pneumonia pada balita di Banjar Manut Negara, Denpasar Barat.
Metode : Penelitian ini menggunakan desain penelitian pada pra-eksperimental
dengan model pendekatan one group pretest posttest design. Jumlah sampel 60
responden yaitu ibu yang memiliki balita di Banjar Manut Negara, Denpasar
Barat. Teknik yang digunakan adalah nonprobability sampling yaitu consecutive
sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan uji statistic nonparametrik
yaitu Wilcoxon Sign Rank Test dan menggunakan bantuan SPSS for
windows 20.
Hasil : Dari analisa Uji Wilcoxon Sign Rank Test didapat hasil edukasi
penatalaksaan pneumonia berdasarkan MTBS berpengaruh terhadap pengetahuan
ibu dalam penatalaksanaan pneumonia pada balita di Banjar Manut Negara,
Denpasar Barat.
Kesimpulan : Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa edukasi
penatalaksaan pneumonia berdasarkan MTBS terhadap pengetahuan ibu dalam
penatalaksanaan pneumonia pada balita di Banjar Manut Negara, Denpasar Barat,
diharapkan ibu memiliki pengetahuan tentang penatalaksanaan pneumonia pada
balita sesuai dengan klasifikasi penyakit pneumonia pada balita.
Kata kunci : Edukasi, Pneumonia, Balita, MTBS
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: