2024_Gambaran Self-Concept dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran PJP pada Mahasiswa Keperawatan ITEKES Bali

Categorie(s):
   Skripsi Keperawatan
Author(s):
   Ni Komang Rujastini
Publisher(s):
 
ISBN:
 
Keyword(s):
  self-concept, motivasi belajar, pembelajaran PJP
DOI:
 
Abstract :
  
Latar Belakang: Pemenuhan isu global tentang tentang kompetensi seorang nurse generalis tentang perawatan PJP selama ini belum ada data yang menunjukan lulusan perawat yang memiliki kompetensi PJP. Sehingga, kompetensi itu bisa tercapai jika seseorang memiliki self-concept yang positif dan motivasi belajar yang baik pada pembelajaran PJP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran self-concept dan motivasi belajar dalam pembelajran PJP pada mahasiswa keperawatan ITEKES Bali. Metode: Desain dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross sectional atau satu titik waktu. Populasi penelitian dalam penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Sarjana Keperawatan Tingkat III dan Magister Keperawatan sebanyak sebanyak 143 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Academic Self Concept Scale (ASC) dan Motivated Strategies for Learing Questionnaire (MSLQ). Hasil: Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan kategori self-concept yang terbanyak adalah dengan kategori tinggi sebanyak 81 responden (56%), dan kategori motivasi belajar yang terbanyak adalah dengan kategori tinggi sebanyak 77 orang (53.8%). Kesimpulan: Mayoritas mahasiswa memiliki self-concept dan motivasi belajar dalam pembelajaran PJP dalam kategori tinggi. Hal ini menandakan mahasiswa keperawatan ITEKES Bali memiliki penilaian diri yang positif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran PJP. Kata Kunci: self-concept, motivasi belajar, pembelajaran PJP
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
SIZE:
 
PAGE TOTAL:
 
Description: