2024_Gambaran Self-Concept dan Motivasi Belajar dalam Pembelajaran PJP pada Mahasiswa Keperawatan ITEKES Bali
Categorie(s):
Skripsi Keperawatan
Author(s):
Ni Komang Rujastini
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
self-concept, motivasi belajar, pembelajaran PJP
DOI:
Abstract :
Latar Belakang: Pemenuhan isu global tentang tentang kompetensi seorang nurse
generalis tentang perawatan PJP selama ini belum ada data yang menunjukan
lulusan perawat yang memiliki kompetensi PJP. Sehingga, kompetensi itu bisa
tercapai jika seseorang memiliki self-concept yang positif dan motivasi belajar yang
baik pada pembelajaran PJP. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran
self-concept dan motivasi belajar dalam pembelajran PJP pada mahasiswa
keperawatan ITEKES Bali. Metode: Desain dalam penelitian ini adalah deskriptif
dengan pendekatan cross sectional atau satu titik waktu. Populasi penelitian dalam
penelitian ini adalah seluruh Mahasiswa Sarjana Keperawatan Tingkat III dan
Magister Keperawatan sebanyak sebanyak 143 orang. Instrumen yang digunakan
pada penelitian ini adalah Academic Self Concept Scale (ASC) dan Motivated
Strategies for Learing Questionnaire (MSLQ). Hasil: Hasil dari penelitian ini yaitu
menunjukkan kategori self-concept yang terbanyak adalah dengan kategori tinggi
sebanyak 81 responden (56%), dan kategori motivasi belajar yang terbanyak adalah
dengan kategori tinggi sebanyak 77 orang (53.8%). Kesimpulan: Mayoritas
mahasiswa memiliki self-concept dan motivasi belajar dalam pembelajaran PJP
dalam kategori tinggi. Hal ini menandakan mahasiswa keperawatan ITEKES Bali
memiliki penilaian diri yang positif dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran
PJP.
Kata Kunci: self-concept, motivasi belajar, pembelajaran PJP
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: