2018_HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD

Categorie(s):
   TINGKAT KEPUASAN PASIEN
Author(s):
   DW AYU YUNI PURNAMAWATI DP
Publisher(s):
 
ISBN:
 
Keyword(s):
  Quality of Service, Patient Satisfaction, Emergency
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN MUTU PELAYANAN KEPERAWATAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PASIEN DI INSTALASI GAWAT DARURAT RSUD Dw Ayu Yuni Purnamawati DP, NLP.Inca Buntari, Komang Ayu Purnama Dewi Sekolah tinggi Ilmu Kesehatan Bali Jalan Tukad Balian No.180 Renon, Denpasar Email :[email protected] ABSTRAK Pelayanan pada pasien khususnya di IGD sangat penting karena sangat mempengaruhi kepuasan pasien yang berkunjung. Ketidakperdulian dapat mengakibatkan citra rumah sakit buruk. Hal ini sangat diperlukan bahwa mutu pelayanan penting untuk dikembangkan dan sangat mempengaruhi kualitas dari pelayanan tersebut dan beralih pada kepuasan pasien. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan pasien di IGD RSUD Sanjiwani Gianyar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian analitik korelasional dengan pendekatan cross sectional. Jumlah sampel 294 responden yaitu pasien yang datang ke IGD RSUD Sanjiwani Gianyar. Teknik yang digunakan adalah non probability yaitu convinience sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan uji statistik non parametric yaitu Spearman Rho, dan menggunakan bantuan SPSS for windows 20 Hasil analisa data spearman rho didapat hasil mutu pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan pasien di IGD RSUD Sanjiwani Gianyar dengan nilai p value =0,002. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan mutu pelayanan keperawatan terhadap tingkat kepuasan pasien di IGD RSUD Sanjiwani Gianyar dalam kategori baik dalam pelayanan yang diberikan khususnya pada keadaan gawat daruratan.
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
SIZE:
 
PAGE TOTAL:
 
Description: