2021_GAMBARAN TINGKAT STRES DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID - 19 PADA MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN ITEKES BAL
Categorie(s):
TINGKAT STRES
Author(s):
IDA AYU PUTU MOURDANI
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Stres, Mahasiswa, Pembelajaran Daring,
Covid
-
19
DOI:
Abstract :
GAMBARAN TINGKAT STRES
DALAM MENGIKUTI
PEMBELAJARAN DARING
DI MASA PANDEMI COVID
-
19
PADA
MAHASISWA TINGKAT I
PROGRAM STUDI SARJANA
KEPERAWATAN ITEKES BALI
Ida A
yu Putu Mourdani
Program Studi Sarjana Keperawatan
Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
Email:
[email protected]
ABSTRAK
Latar B
elakang.
P
andemi
Covid
-
19
telah membuat banyak perubahan pada
berbagai se
ctor kehidupan, termasuk sector pendidikan.
Pelaksanaan Pendidikan
p
ada masa pandemi berlangsung secara daring. Karena kurangnya kesiapan dan
sumber daya yang ada membuat mahasiswa mengalami kesulitan mengikuti
pembelajaran daring. Ketidakmampuan berada
ptasi dengan perubahan metode
pembelajaran tersebut menyebabkan mahasiswa mengalami stres.
Tujuan.
Untuk
mengetahui gambaran tingkat stres dalam mengikuti pembelajaran daring di masa
pandemi
Covid
-
19
pada mahasiswa tingkat I Program Studi Sarjana Keperawat
an
ITEKES Bali.
Metode
.
Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan
pendekatan
cross
-
sectional.
Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Sampel
yang digunakan berjumlah 112 responden yang diambil dengan menggunakan
metode sampling jen
uh atau
total sampling
.
Hasil.
Gambaran
tingkat stres dalam mengikuti pembelajaran daring di masa
pandemi
Covid
-
19
pada mahasiswa tingkat I Program Studi Sarjana Keperawatan
menunjukkan mayoritas mahasiswa berada pada kategori stres normal yaitu 58
orang (
51,8%), stres berat 29 orang (25,8%), stres ringan 19 orang (17,0%), stres
sedang 6 orang (5,4%), dan tidak ada yang mengalami stres sangat berat.
Kesimpulan.
Secara umum stres yang dialami oleh mahasiswa masih dalam
kategori stres normal. Oleh karena itu,
diharapkan mahasiswa pada saat
menghadapi sebuah masalah ketika mengikuti pembelajaran daring untuk tetap
dapat mengaplikasikan strategi koping yang efektif.
Kata kunci
:
Stres, Mahasiswa, Pembelajaran Daring,
Covid
-
19
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: