2021_GAMBARAN TINGKAT STRES DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID - 19 PADA MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN ITEKES BAL

Categorie(s):
   TINGKAT STRES
Author(s):
   IDA AYU PUTU MOURDANI
Publisher(s):
 
ISBN:
 
Keyword(s):
  Stres, Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Covid - 19
DOI:
 
Abstract :
  
GAMBARAN TINGKAT STRES DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID - 19 PADA MAHASISWA TINGKAT I PROGRAM STUDI SARJANA KEPERAWATAN ITEKES BALI Ida A yu Putu Mourdani Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar B elakang. P andemi Covid - 19 telah membuat banyak perubahan pada berbagai se ctor kehidupan, termasuk sector pendidikan. Pelaksanaan Pendidikan p ada masa pandemi berlangsung secara daring. Karena kurangnya kesiapan dan sumber daya yang ada membuat mahasiswa mengalami kesulitan mengikuti pembelajaran daring. Ketidakmampuan berada ptasi dengan perubahan metode pembelajaran tersebut menyebabkan mahasiswa mengalami stres. Tujuan. Untuk mengetahui gambaran tingkat stres dalam mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi Covid - 19 pada mahasiswa tingkat I Program Studi Sarjana Keperawat an ITEKES Bali. Metode . Penelitian ini menggunakan desain deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross - sectional. Alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Sampel yang digunakan berjumlah 112 responden yang diambil dengan menggunakan metode sampling jen uh atau total sampling . Hasil. Gambaran tingkat stres dalam mengikuti pembelajaran daring di masa pandemi Covid - 19 pada mahasiswa tingkat I Program Studi Sarjana Keperawatan menunjukkan mayoritas mahasiswa berada pada kategori stres normal yaitu 58 orang ( 51,8%), stres berat 29 orang (25,8%), stres ringan 19 orang (17,0%), stres sedang 6 orang (5,4%), dan tidak ada yang mengalami stres sangat berat. Kesimpulan. Secara umum stres yang dialami oleh mahasiswa masih dalam kategori stres normal. Oleh karena itu, diharapkan mahasiswa pada saat menghadapi sebuah masalah ketika mengikuti pembelajaran daring untuk tetap dapat mengaplikasikan strategi koping yang efektif. Kata kunci : Stres, Mahasiswa, Pembelajaran Daring, Covid - 19
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
SIZE:
 
PAGE TOTAL:
 
Description: