2021_GAMBARAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA YANG BERJERAWAT DI SMA DWIJENDRA DENPASAR

Categorie(s):
   TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI
Author(s):
   NI PUTU DIAH RATNASAR
Keyword(s):
  Kepercayaan Diri , Jerawat , Remaja
DOI:
 
Abstract :
  
GAMBARAN TINGKAT KEPERCAYAAN DIRI PADA REMAJA YANG BERJERAWAT DI SMA DWIJENDRA DENPASAR Ni Putu Diah Ratnasari , I Kadek Nuryanto, Luh Yenny Armayanti Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi dan Kesehatan Bali Email : diahratna128 @gmail.com ABSTRAK Latar Belakang. Acne vulgaris atau jerawat adalah peradangan folikel sebasea yang biasanya ditandai dengan adanya komedo, papula, dan nodulus di wajah, leher, badan atas, lengan atas hingga ke punggung. Adanya jerawat membuat risau karena berhubungan dengan menurunnya tingkat kepercayaan diri karena kurangnya keindahan pada wajah penderitanya. Tujuan . Penelitian ini bertujuan untuk men getahui gambaran tingkat kepercayaan d iri pada remaja yang berjerawat. Metode. Penelitian ini adalah deskriptif dengan metode pendekatan cross sectional study . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa /i kelas X - XI SMA Dwijendra Denpasar yang berjerawat dengan jumlah 133 responden dengan menggunakan teknik total sampling . Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari 2021. Instrumen pada penelitian ini menggunaka n kue sioner gambaran tingkat kepercayaan diri remaja yang berjerawat melalui google form serta dianalisis menggunakan uji statistik Descriptive S tatistic . Hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi sebanyak 70,7% , sedangkan tingkat kepercayaan diri sedang sebanyak 29,3% dan tidak ada yang memiliki tingkat kepercayaan diri yang rendah. Kesimpulan. Kesimpulan penelitian ini adalah walaupun memiliki jerawat responden tetap memiliki kepercayaan diri yang tinggi karena mereka mampu menerima kekurangan pada keadaan fisiknya, m ereka merasa yakin akan kemampuan dan potensi yang dimilikinya. Kata Kunci : Kepercayaan Diri , Jerawat , Remaja
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: