2018_HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN PERAWAT TENTANG PATIENT SAFETYDENGAN MOTIVASI DALAM PENCEGAHAN MEDICATION ERROR FASE ADMINISTRATION DI STIKES BALI

Categorie(s):
   PATIENT SAFETY
Author(s):
   NILDA TERESA DE JESUS XIMENES
Publisher(s):
 
ISBN:
 
Keyword(s):
  Perawat, Tingkat Pengetahuan, Patient Safety, Motivasi, Medication Error, Fase Administration
DOI:
 
Abstract :
  
Hubungan Tingkat Pengetahuan Perawat tentang Patient Safety dengan Motivasi dalam Pencegahan Medication Error Fase Administration Di STIKES Bali Nilda Teresa de Jesus Ximenes Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKES) Bali Email : [email protected] ABSTRAK Tujuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan perawat tentang patient safety dengan motivasi dalam pencegahan medication error fase administration di STIKES Bali Metode. Desain penelitian ini menggunakan analitik korelasi, dengan metode pendekatan crosssectional. Dengan menggunakan tehnik non-probability sampling, dengan menggunakan total sampling. Jumlah sample sebanyak 54 responden. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner. Data dianalisis menggunakan Spearman- rho dengan SPSS for windows versi 20. Hasil. Hasil penelitian ini menunjukan kesuluruhan responden memiliki tingkat pengetahuan baik sebanyak 100%, dan pada hasil motivasij responden juga memiliki motivasi yang baik yaitu sebanyak 100%, dan pada hasil korelasi yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat tentang patient safety dengan motivasi dalam pencegahan medication error fase administration pengetahuan dengan motivasi di STIKES Bali dengan nilai p value 0,005. Simpulan. Ada hubungan antara tingkat pengetahuan perawat tentang patient safety dengan motivasi dalam pencegahan medication error fase administrationdi STIKES Bali. Dengan ini diharapkan untuk STIKES Bali agar tetap memberikan materi tentang patient safety dengan berhubungan dengan pencegahan dalam kesalahan obat KataKunci : Perawat, Tingkat Pengetahuan, Patient Safety, Motivasi, Medication Error, Fase Administration
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
SIZE:
 
PAGE TOTAL:
 
Description: