2021_HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN PERILAKU PEMBERIAN MPASI PADA ANAK USIA 6 - 24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SERIRIT II KABUPATEN BULELENG

Categorie(s):
   PEMBERIAN MPASI
Author(s):
   PUTU RIZKA ARNELIA
Keyword(s):
  MPASI, Pengetahuan ibu, Perilaku.
DOI:
 
Abstract :
  
HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN IBU DENGAN PERILAKU P EMBERIAN MPASI PADA ANAK USIA 6 - 24 BULAN DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS SERIRIT II KABUPATEN BULELENG Putu Rizka Arnelia, Made Rismawan , GA Dwina Mastryagung Fakultas Kesehatan Program Studi Sarjana Keperawatan Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali Email: [email protected] ABSTRAK Latar Belakang. Makanan pendamping ASI (MPASI) adalah pemberian makanan dan minuman pada anak usia 6 – 24 bulan meliputi jenis, jumlah, frekuensi, tekstur, dan konsiste nsi yang sesuai dengan usia anak. Namun, sebagian besar ibu masih belum paham mengenai cara, jenis, dan frekuensi dalam pemberian MPASI. Tujuan. Untuk mengetahui hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku pemberian MPASI pada anak usia 6 - 24 bulan di wilayah kerja Puskesmas Seririt II Kabupaten Buleleng . Metode. Desain penelitian menggunakan analitik korelatif dengan pendekatan cross sectional data yang diambil dengan menggunakan lembar kuesioner dilaksanakan tanggal 24 Maret – 1 Mei 2021. Popula si penelitian ini adalah ibu yang memiliki anak usia 6 – 24 bulan di wilayah kerja Puskesmas Seririt II Kabupaten Buleleng dengan jumlah sampel sebanyak 214 responden. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling. Analisa data menggunakan uji Spea rman rho. Hasil. Menunjukan hasil dari 214 responden dengan presentase sebagian besar ibu memiliki t ingkat pengetahuan yang kurang tentang MPASI (51.9%), sedangkan sebagian besar ibu memiliki perilaku pemberian MPASI dalam kategori sedang (67.8%). Kesimpu lan. Diharapkan pada ibu yang memiliki anak usia 6 – 24 bulan agar lebih memahami lagi tentang pemberian MPASI yang tepat bagi anak sesuai dengan usia dan tahap perkembangan anak. Kata Kunci: MPASI, Pengetahuan ibu, Perilaku.
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
Description: