2021_GAMBARAN PERILAKU BERMAIN GAME ONLINE PADA MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN KESEHATAN BAL
Categorie(s):
GAME ONLINE
Author(s):
Carmelita Gusm ã o Da Silva
Publisher(s):
ISBN:
Keyword(s):
Game Online, Perilaku, Mahasisw
a
DOI:
Abstract :
GAMBARAN PERILAKU BERMAIN GAME ONLINE PADA
MAHASISWA INSTITUT TEKNOLOGI DAN KESEHATAN BALI
Carmelita Gusm
ã
o Da
Silva,
I Ketut Al
it Adianta, I Putu Gde Yudara
Sandra P
Fakultas Kesehatan
Program Studi Sarjana Keperawatan
Institut Teknologi dan Kesehatan Bali
Email:
[email protected]
ABSTRAK
Latar
Belakang:
G
ame online
dapat dimai
nkan melalui gadget yang diakses
melalui internet, dapat digunakan maupun dihubungkan oleh jaringan internet
untuk bermain game online.
G
ame
online
mengajarkan sesuatu yang baru dan
mempunyai daya tarik tersendiri di mata p
encintanya. Seseorang pemain dapa
t
berinteraksi dengan pemain yang lain dari seluruh penjuru dunia melalui sebuah
permainan.
Tujuan:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran perilaku
bermain game online pada mahasiswa Institut Teknologi dan
Kesehatan Bali.
Metode:
Desain penelit
ian ini adalah deskriptif dengan pendekatan cross
-
sectional.
Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa di Institut Teknologi dan
Kesehatan Bali yang berjumlah 236 responden. Teknik Pengambilan sampel dalam
penelit
ian ini menggunakan metode metode
Prob
ability Sampling
, dengan Teknik
Simple
Random
Sampling
d
ata dikumpulkan menggunakan
kue
sioner
.
Hasil:
Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah
perempuan (83,2%) dan laki
-
laki (16,5%). Temuan juga m
enunjukkan bahwa
46,6% responden berma
in online dan 53,4% responden tidak bermain game online.
Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa 57 (24,2%) responden
dikategorikan memiliki perilaku rendah dalam bermain game online dan 53
(22,5%) dikategorika
n memiliki perilaku sedang dalam berma
in game online.
Simpulan:
Maka disimpulkan dari hasil penelitian ini menunjukan para mahasiswa
mengetahui bawah bermain game online bukan hal yang penting untuk
diprioritaskan dalam kehidupan sehari
-
hari mereka.
Kata
Kunci: Game Online, Perilaku, Mahasisw
a
ISSN:
0
eISSN:
0
SIZE:
PAGE TOTAL:
Description: