2021_TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA LAYANAN PRA ANESTESI DI KAMAR OPERASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA BANDA ACEH

Categorie(s):
   Kepuasan pasien
Author(s):
   MOAMMAR
Publisher(s):
 
ISBN:
 
Keyword(s):
  Kepuasan pasien, pra anastesi
DOI:
 
Abstract :
  
TINGKAT KEPUASAN PASIEN PADA LAYANAN PRA ANESTESI DI KAMAR OPERASI RUMAH SAKIT BHAYANGKARA BANDA ACEH Moammar Program Studi D IV Keperawatan Anestesiologi Institut Teknologi Dan Kesehatan Bali Email : [email protected] ABSTRAK Latar Belakang: Layanan kesehatan yang bermutu merupakan layanan kesehatan yang selalu berupaya memenuhi harapan pasien. Kepuasan dari pelayananan pra anastesi pa da ruang operasi dapat dilihat dari faktor – faktor yang harus di penuhi oleh penata anastesi yaitu tangibility, reliability, responsiveness, assurance dan empaty . Tujuan: U ntu k mengetahui gambaran kepuasan pasien pada Layanan Pra Anestesi di Kamar Operasi Rumah Sakit Bhayangkara Banda Aceh Metode: Penelitian ini menggunakan desain deskriptive ekplorative dengan pendekatan cross - sectional . Populasi dalam penelitian ini adalah pasien yang menjalani operasi . Tehnik sampling menggunakan tehnik incidental sampling dengan sebanyak 80 responden. Tempat penelitian dilaksanakan di Ruang Operasi Rumah Sakit Bhayangkara Banda Aceh pada bulan April - mei 2021 . Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisa menggunakan analisa univariat Hasil: Hasil penelitian pada layanan pra anastesi di kamar operasi Rumah Sakit Bhayangkara Banda Aceh menunjukkan 71 responden ( 88,8 %) secara umum menyatakan sangat puas , secara detail pada setiap dimensi didapatkan bahwa tangibility 43 responden ( 53,8 %) , reliability 49 responden ( 61,3 %) , responsiveness 44 responden ( 55,0 %) , assurance 50 responden ( 62,5 %) , dan empat h y 44 responden ( 55,0 %) menyatakan sangat puas. Kesimpulan: Tingkat kepuasan pada layanan pra anastesi di kamar operasi Rumah Sakit Bhayangkara Banda Aceh sangat puas . Perlu dilakukan upaya dalam mempertahan dan meningkatkan kinerja penata anastesi pelaksana dalam melaksanakan pelayanan pra bedah . Kata Kunci: Kepuasan pasien , pra anastesi
 
ISSN:
  0
eISSN:
  0
SIZE:
 
PAGE TOTAL:
 
Description:
  SKRIPSI